Blogroll

Sabtu, 31 Mei 2014

Jelang Ngantroe Tempoe Doeloe ( NTD ) Warga mulai Berbenah

Ngantroe Tempoe Doeloe Yang Konon Katanya Berstatus BERSIH DESA TERBESAR SE-MALANG RAYA, gak tahu benar apa enggak. hehehehehe

Masa panen padi khususnya di wilayah desa Ngantru kecamatan Ngantang nampaknya telah usai warga masyarakat nampaknya hamper 80% telah memanen tanaman padi mereka. Meskipun 14 Februari bulan lalu kiranya letusan Gunung Kelud terjadi, namun kiranya tidak mengurangi antusias warga Ngantru untuk melaksanakan agenda tahunan yakni Bersih Desa sebagai bagian dari ungkapan Syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas karunia panen yang melimpah, dan juga kelancaran sumber air dalam hal ini berpengaruh besar pada sektor pertanian desa Ngantru.

Seperti diketahui sebagian masyarakat Ngantru bahwasannya bersih desa Ngantru selalu dilaksanakan pada hari Selasa Kliwon dan tepatnya tahun ini hari tersebut jatuh pada tanggal 10 Juni 2014. Namun jauh-jauh hari nampanya masyarakat telah gegap gempita menyambut even akbar tersebut terbukti H-11 pelaksanaan selamatan desa persiapan telah banyak dilaksanakan diantaranya.
  • Mulai Nampak aktifitas pembangunan bedak-bedak bazar bahkan terhitung tanggal 28 Mei 2014 sebagian pedagang telah mulai beroperasi ( dokumentasi )
  • Panitia telah sibuk melakukan persiapan-persiapan di Balai Desa yakni pengecatan, pembersihan dsb (dokumentasi)
  • Aktifasi radio dan penataan kembali Smart FM, semoga benar-benar dapat dioptimalkan kembali

Penambahan fasilitas Antena HT sebagai penunjang pengamanan selamatan desa nantinya.
Tentunya kita sudah tahu banyak sekali agenda yang akan dilaksanakan nantinya sama seperti tahun-tahun sebelumnya diantaranya                      :
  • Pekan desa berupa pasar malam selama pra pelaksanaan selamatan desa dan pasca selamatan desa ± 3 minggu
  • Prosesi Keadatan ( Ladrang, Pembacaan Proses Bedah Kerawang/Sejarah berdirinya desa Ngantru ) yang biasanya dibacakan oleh Kepala desa dan diikuti oleh tokoh adat, perangkat, tokoh masyarakat dan sebagian warga desa.
  • Prosesi Kenduren Di Lepen / Kali Talang.
  • Prosesi Keadatan ( Kenduren/disetiap titik sungai yang mengalir dari Sungai Talang
  • Hiburan berupa kesenian Tayub Malangan sebagai bagian dari usaha pelestarian budaya Jawa Timur, selama 3 hari 3 malam ( Senin Siang s/d Rabu Malam ).


Harapan kami semoga selamatan desa tahun 2014 kali ini dapat berjalan dengan lancar tanpa halangan suatu apapun, dan tak lupa kiranya mari berbondong-bondong ajak keluarga anda menyaksikan “Pekan Selamatan Desa Ngantru 2014”.
Pembangunan Bedak jualan

 Pengecatan Balai Desa


Balai Desa 50% setelah dipermak

 Pemasangan Pemancar HT




Utjil 1/06/2014


2 komentar: