Blogroll

Kamis, 15 Mei 2014

SEKILAS BERSIH DESA NGANTRU

Bersih Desa adalah salah satu contoh dari sekian banyak upacara yang ada pada masyarakat desa. Bersih desa seringkali digunakan untuk memperingati hari lahirnya Desa, selain itu yang terpenting digunakan sebagai upacara mendoakan Desa tersebut agar tidak terjadi hal – hal yang tidak dinginkan bagi masyarakat Desa yang bersangkutan. Hal – hal yang tidak diinginkan atau disebut dengan bencana atau ‘’balak’’ tersebut diantaranya: banjir, wabah penyakit, pencurian, kebakaran, gagal panen dan sebagainya.
Bersih Desa atau dapat disebut pula dengan Selamatan Desa, adalah acara rutin tiap tahun yang diselenggarakan oleh warga masyarakat Ngantru. Sebelum acara Selamatan dilaksanakan selalu diadakan acara bersih – bersih. Adapun tempat dibersihkan meliputi makam leluhur yang membedah Desa Ngantru (Bedah Krawang), balai desa, selokan – selokan, jalan – jalan, tandon dan saluran air, dan sepanjang aliran Kali Talang.
Desa Ngantru adalah salah satu Desa yang ada di Kabupaten Malang. Terdapat 33 RT dan 16 RW. Desa ini setiap kali melaksanakan Bersih Desa selalu menampilkan keunikan tersendiri. Keunikan ini dapat dilihat saat sebelum upacara dilaksanakan, diadakan penampilan  kesenian antar RT, Pagelaran Tayub selama 3 hari, dan upacara inti yang dilaksanakan di kali talang.
            Selamatan Desa Ngantru ini dilaksanakan selama 3 hari. Hari tersebut diyakini sebagai hari yang sakral oleh warga Desa. Setiap kali Bersih Desa dilaksanakan di hari Senin Wage, Selasa Kliwon, dan Rabu Legi. Selasa Kliwon Bulan Rajab atau 26 juni 2012 Masehi adalah hari diperingatinya lahirnya Desa Ngantru yang ke 237.

*( http://bersihdesangantru2012.blogspot.com/ )

( Master Art Of Ngantru )

0 komentar:

Posting Komentar